MEMPROTEKSI FOLDER MENGGUNAKAN COMMAND LINE DI WINDOWS

3 comments

Baiklah, sehubungan karena adanya tugas kuliah tentang KEAMANAN INFORMASI , yang diberikan dosen sebagai tugas besar yang agak rumit hahahah, disini saya akan menjelaskan mengenai memproteksi folder menggunakan Keamanan Informasi "memproteksi folder menggunakanan Comman Line Di Windows yg menjadi tugas keamanan informasi saya, file lengkapnya bisa di download dibawah :D

Abstrak
Folder adalah suatu objek yang dapat berisi beberapa dokumen atau file seperti file microsoft word, excel, mp3, mp4, photo dan lain sebangainya.
Memproteksi folder merupakan salah satu dalam mengamankan data, hal ini sangat dibutuhkan karena dapat melindungi sytem dari kerentanan, mengurangi resiko ancaman penyusupan yang mana dapat menyerang system yang dimiliki , juga dapat membaca, menulis serta menjalankan program yang bisa mengganggu dan menghancurkan system yang ada.
Dengan menggunakan metode memproteksi data dengan menyembunyikan folder dan memberikan password untuk mengaksesnya, sehingga dapat melindungi data dari penyusup dan juga pencurian data.
Keyword: Folder, System, Password



       1.  PENDAHULUAN
Keamanan informasi adalah bagaimana suatu informasi dapat terjaga dan juga terproteksi dari berbagai macam serangan dari luar seperti merusak, mencuri data dan sebagainya. Keamanan informasi sangat dibutuhkan karena dapat melindungi sytem dari kerentanan, mengurangi resiko ancaman penyusupan yang mana dapat menyerang system yang dimiliki , juga dapat membaca, menulis serta menjalankan program yang bisa mengganggu dan menghancurkan system yang ada.
Keamanan informasi juga memiliki fungsi untuk menjaga agar data yang dimiliki tidak dapat dimbil dan juga dilihat oleh orang yang tidak diinginkan untuk dilihat, oleh karena itu harus ada cara agar keamanan data kita tetap terjaga.
Dengan menggunakan metode yakni memproteksi data dengan menyembunyikan folder tersebut dan memberikan password untuk mengaksesnya, sehingga keamanannya terjaga dan sangat efektif dalam hal melindungi data dari penyusup dan juga pencurian data.

     2. METODOLOGI
Metodologi yang digunakan adalah dengan memberikan password folder tersebut dan menyembunyikannya menggunakan file.bat yang berisi source code untuk membuat folder  , menyembunyikan folder  dan memberikan password folder tersebut.
 Metode ini menggunakan perintah-perintah command line dari system windows untuk menjalankannya. Sehingga dapat dengan mudah dilakukan tetapi dengan tingkat proteksi yang sangat tinggi.
Konsep dasarnya adalah menggabungkan beberapa perintah command line kedalam suatu file.bat, sehingga aksi dapat dijalankan sekaligus, yaitu, membuat folder, menyembunyikannya, dan memberikan password sekaligus.
Caranya  :
1.      Buat file dengan extensi .bat
 
 file lengkapnya bisa di download disini
2. Simpan file tersebut di lokasi yang kita inginkan, dengan extensi .bat
 3. Setelah tersimpan, double klik file yang telah dibuat (ki.bat), maka akan muncul folder baru dengan nama yang sesuai di file.bat yang telah dibuat (Locker) seperti berikut :
 4. Isi folder tersebut dengan file-file yang dianggap penting, dan dalam hal ini besar dan kecil ukuran file tidak berpengaruh pada ukuran file.bat.
5. Setelah selesai, double klik kembali file.bat tersebut, sehingga akan tampil :


Tekan Y/y jika ingin menyembunyikan folder, dan tekan N/n untuk membatalkannya. Berikut tampilan setelah kita tekan Y :

Folder Kembali disembunyikan.
Untuk menampilkan folder Locker tersebut kembali, double klik pada file.bat
 
Akan muncul tampilan untuk menginputkan password. Password tersebut kita dapatkan dari file.bat tersebut yaitu “aaa”. Untuk menjaga proteksi password yang telah dibuat, hilangkan saja password tersebut di file.bat dengan mengeditnya.

menjadi :
7. Setelah password dimasukkan maka akan tampil :


Cara lain untuk menjaga kerahasiaan data didalam folder yang telah dibuat bisa juga dengan merubah kata dalam file.bat seperti dibawah ini :


menjadi :
Sehingga apabila dibuka akan menjadi :

3. PENUTUP
Kesimpulan :
Dalam mengamankan data, keamanan dalam menjaga data harus lebih ditingkatkan karena jika keamanan dalam menyimpan data atau mengirim data rendah maka bisa terjadi pencurian suatu data, oleh karena itu perlu kesadaran yang tinggi untuk mengamankan data, karena bahaya pencurian data tidak dari pihak luar saja, namun diri kita sendiri juga mempunyai resiko untuk menjadi sumber pencurian data. Dan juga diperlukan proteksi folder agar lebih aman.

Saran :
      Sebaiknya dalam proteksi folder ini passwordnya menggunakam kriptografi, sehingga lebih aman dan hanya orang tertentu saja yang dapat mengakses folder tersebut.

4. DAFTAR PUSTAKA
Websites:
[a]    http://globalonlinebook1.blogspot.com/2013/05/pengertian-folder-adalah.html
[b]   http://bagaskawarasan.wordpress.com/2012/10/21/808/


3 comments:

Unknown said...

I FOUND A CLASH OF CLANS GEMS GIVEAWAY! http://clashofclanshelper.com/ - you receive free Clash of Clans gems instantly! Best players use this!! (ZzPE9tLNDz)

Sang-ilmu said...

terimakasih :D

Sang-ilmu said...

terimakasih :D :D

Post a Comment

×
 
SANG-ILMU © 2011 sang-ilmu.blogspot.com. Supported by Mustafa and Tiwi