JURNAL TEKNIK INFORMATIKA : ANALISA PEMBUATAN SIM DI PANGKALAN KERINCI (APBO)

1 comments


Pembuatan SIM di pangkalan kerinci masih secara manual dengan mengisi form pendaftaran dengan kertas. Hal ini sangat fatal apabila form pendaftaran kotor ataupun tersobek oleh pemohon maupun petugas, dan apabila terjadi hal ini maka pemohon harus mengisi ulang form pendaftaran permohonan membuat SIM. Kemudian apabila seorang pemohon ingin memperpanjang SIM, pemohon akan mengisi form lagi apabila form pendaftaran yang telah lama hilang oleh petugas pembuatan SIM.
Metode yang akan dibuat :



Jadi seorang pemohon langsung bisa mengisi form pembuatan SIM melalui website yang telah disediakan, kemudian petugas bisa langsung login dan melihat apakah data yang di masukkan pemohon ada dan benar telah mengajukan pembuatan SIM dan tugas seorang pemimpin hanya melihat data seorang pemohon. Dan jika seorang pemohon hanya ingin memperpanjang SIM maka seorang pemohon tidak perlu mengisi lagi form pendaftaran dan bisa langsung menemui petugas dengan menyerahkan ID atau nomor SIM yang pernah dibuat sehingga memudahkan pemohon dan juga petugas dalam melakukan perpanjangan SIM.


Analisa Kebutuhan Sistem :
  1. Functionality : Melihat data pemohon baik yang baru membuat dan juga ingin memperpanjang SIM dan juga membuat laporan data pemohon periode bulanan.  
  2. Application Domain : Petugas bagian pembuatan SIM di polsek pangkalan kerinci. 
  3. Condition : Hanya bisa berjalan apabila seorang petugas login dan memberitahu bahwa pengisian SIM boleh dilakukan. 
  4. Techonology : Dengan personal komputer yang memadai seperti minimal RAM, Minimal CPU, dan minimal Hardisk. Sistem operasi yang digunakan minimal windows xp, menggunakan database, dan juga menggunakan aplikasi tertentu. 
  5. Object : Pemohon, Petugas, Pimpinan, SIM. 
  6. Responsibility : Sebagai penyedia antarmuka, untuk penginputan pemohon ke database.
Penulis : Muhammad Nurhadi FB : Muhammad Nurhadi

1 comment:

Unknown said...

Check out http://clashofclanshelper.com/ - I got free Clash of Clans gems here! Get yous too in less than two minutes!! Top players use this to get gems!!(2hVgScrA7U)

Post a Comment

×
 
SANG-ILMU © 2011 sang-ilmu.blogspot.com. Supported by Mustafa and Tiwi